Selasa, 06 Agustus 2013

Tips Lulus CPNS

Kegalauan mungkin sering melanda bagi mereka yang hendak mengikuti tes CPNS. Dimana bak perlombaan tentu ada yang menang dan yang kalah, dan ini juga berlaku di tes CPNS, dimana ada pemenang dan ada yang disingkirkan. Namun siapa saja berhak menjadi pemenang, asal disertai dengan upaya atau kerja keras lewat banyak belajar dan trik-trik khusus untuk lolos CPNS, dan berikut adalah tips lulus CPNS yang mungkin bisa kita coba.

1. Perbanyak latihan contoh soal CPNS

Biasanya soal-soal CPNS yang diberikan kepada peserta ujian, tidak beda jauh dengan soal-soal di tahun sebelumnya. Adapaun perubahannya adalah pada jenis kata dan angka. Untuk itu sangat disarankan untuk lebih banyak belajar contoh soal ujian CPNS.

Semakin kita paham dengan soal-soal tes CPNS di tahun sebelumnya, maka rasa percaya diri kita saat akan menghadapi ujian pun akan meningkat. Dan dari rasa percaya diri ini pun akan timbul keyakinan yang cukup kuat untuk bisa lulus tes CPNS.

Selain itu menjadi amat penting untuk cukup kompeten terhadap materi-materi yang berkaitan langsung dengan bidang keilmuan atau lowongan di institusi yang diikuti, entah itu di bidang kesehatan, kemasyarakatan, pertanian dan lain sebagainya.

Materi dalam tes tersebut adalah masuk kategori Tes Pengetahuan Khusus, dimana kita harus paham betul mengenai pengetahuan dalam bidang institusi yang akan kita masuki. Dan untuk materi pengetahuan umum seperti Undang-Undang Dasar, perihal ketatanegaraan serta tentang pengetahuan Bahasa indonesia, tentunya kita juga harus memiliki cukup pengetahuan.

Jangan lupa kunjungi Pusat Soal CPNS No.1 Indonesia klik disini

2. Banyak berdoa

Ketika kita berharap banyak kepada sebuah keberhasilan, adakah ritual yang lebih baik selain berdoa kepada Tuhan? Selain optimis dan yakin akan bisa mengerjakan soal-soal tes CPNS, berdoa juga layak untuk kita jadikan kekuatan lapis kedua setelah kekuatan lapis pertama yakni kesiapan mental.

Yakinlah bahwa “Bilapun berhasil atau lolos, tentu adalah kehendaknya, dan bila pu tidak berhasil, mungkin ada jalan rizki yang lebih baik”. Jadi awalilah mengerjakan soal dengan berdoa, dan khusu’lah dalam mengerjakan soal-soal ujian CPNS.

3. Pasrah pada hasil

Banyak orang dewasa berkata kepada yang lebih muda untuk “jangan takut gagal”. Dan nampaknya petuah tersebut juga sangat berlaku saat kita mengikuti ujian atau CPNS. Karena mungkin ini bisa diibaratkan seperti perlombaan, dan rumitnya lagi, kita mungkin tidak mengetahui seberapa besar kekuatan lawan atau peserta lain yang jumlahnya rutusan bahkan ribuan.

Dimana peluang kita bisa sangat sempit hingga di bawah satu persen. Namun itu tidak menjadi penting untuk dipikirkan, yang terpenting, persiapkan diri dengan baik, latihan contoh soal CPNS dengan cukup, dan tentunya serahkan saja pada yang di atas untuk hasilnya. Bila pun tidak lulus, jalan rizki tentunya masih banyak sekali. Mudah-mudahan bisa memotivasi kita semua, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar